Jadwal Waktu Pelaksanaa : 4 bulan


download 80.47 Kb.
jenengJadwal Waktu Pelaksanaa : 4 bulan
KoleksiJadwal
t.kabeh-ngerti.com > Gambar > Jadwal
PENGEMBANGAN SISTEM

Jenis Kegiatan:

Pembuatan website tentang tutorial make up Japanese style

Disusun Oleh :

Yuliana (11105793)

Kelas : 4KA05

UNIVERSITAS GUNADARMA

DEPOK

2008

HALAMAN PENGESAHAN

USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

  1. Judul Kegiatan : Pengembangan system dalam pembuatan website tentang Turoriual make up Japanese style.

  2. Bidang Ilmu : (X) Ilmu Komputer ( ) Ekonomi

( ) Psikologi ( ) Teknologi Industri

( ) Sastra ( ) Teknik Sipil dan Perencanaan

  1. Pelaksana Kegiatan

  1. Nama Lengkap : Yuliana

  2. NIM : 11105793

  3. Jurusan : Sistem Informasi

  4. Universitas : Universitas Gunadarma

  5. Alamat Rumah : Jl. Tole Iskandar Blok I/02

Sukamaju, Sukmajaya

Depok 16415

  1. Dosen Pendamping

  1. Nama Lengkap : Dr. Lintang Yuniar

Banowosari, Skom., MSc.

  1. NIP : 920240

  2. Alamat : Perumahan Taman Puspa Kav. 72

Rt 01/10, Pasir Gunung Selatan

Cimanggis, Depok 16951

  1. No. Telp/HP : 0818792386

  2. Biaya Kegiatan Total : Rp. 6000.000, 00

  3. Jadwal Waktu Pelaksanaa : 4 bulan

Depok, 14 Oktober 2008

  1. JUDUL PROGRAM

Pengembangan System dalam Pembuatan web tentang tutorial make up Japanese style dengan menggunakan program dreamweaver dan macromedia flash.

  1. LATAR BELAKANG MASALAH

Di Indonesia sendiri, masih banyak kendala bagaimana cara ber – make up seperti fashion negeri matahari terbit itu sendiri, terutama visual kei dan gothic lolita. Untuk itulah tutorial make up ini menjadi jawabannya. Pada umumnya, turorial – tutorial yang sering kita temukan dalam bentuk gambar yang tidak bergerak. Hal ini, beberapa orang masih memiliki ketidakjelasan untuk mencobanya. Maka dari itu, website tutorial ini bukan hanya dilihat dari image saja, akan tetapi dapat dilihat dari video. Dari video tersebut, orang yang akan mengikuti akan mendapat kejelasan yang mereka inginkan.

  1. RUANG LINGKUP

Bagian yang harus diuji adalah tutorial make up Japanese style, seperti visual kei, gothic lollita dan harajuku style. Style ini pun dapat diikuti pria maupun wanita. Tutorial tersebut menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8 untuk tampilan website dan Macromedia Flash untuk memperlengkap bagian dari tutorial – tutorial make up tersebut. Ditambah lagi penjelasan yang berupa suara agar lebih jelas untuk mengikutinya. Bukan hanya cara ber – make up nya saja, pakaian dan asesoris juga sebagai daya tarik dalam turorial ini.

  1. TUJUAN PROGRAM

Agar dapat dimengerti langkah – langkah cara ber – make up fashion Jepang, dimana fashion tersebut sangat rumit dikerjakan. Dengan tutorial ini, orang dapat menirunya dengan jelas, karena hal ini dapat disampaikan lebih detail.

  1. METODE PELAKSANAAN PROGRAM

Tutorial ini menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8 dan Macromedia Flash, yaitu berbentuk video dan image. Dari keseluruhan website tersebut merupakan multimedia yang terdiri dari text, image, sound dan video. Di sini, menjelaskan tahap – tahap dari sebelum dan sesudah make up, jadi terlihat dimana letak perbedaaannya. Bukan hanya tutorial, tetapi alat dan bahan dari hal itu sendiri juga ditunjukkan. Dan semua yang dijelaskan ini dengan mengandalkan dua aplikasi tersebut. Selain itu, dalam web ini juga menyertakan comment, jadi orang yang akan mengakses website tutorial ini dapat mengemukakan pendapatnya. Bukan cuma itu, di sini juga akan menampilkan komunitas – komunitas yang tertarik dengan japanese style tersebut. Maka itu dengan adanya komunitas – komunitas itu, harus ada database untuk memperjelas, yaitu apa nama komunitasnya, siapa nama anggotanya, dan dari mana asalnya.

Di dalam pengembangan ini juga perlu dijelaskan tentang website itu sendiri. Dimana website adalah suatu koleksi dokumen kode – kode pembuatan website, seperti HTML, XML, CSS, PHP, dan MySQL yang bersifat pribadi atau perusahaan dalam server Web. Sebuah server Web dapat berisi lebih dari satu situs. Dari website ini sangat berkaitan erat dengan internet. Apakah itu internet? Banyak sebutan yang diberikan oleh para penggunanya anatara lain Cyber, e – world, Dunia Maya, dan sebagainya. Semua itu hanya sekedar istilah. Sebenarnya tidak ada definisi khusus mengenai internet, ataupun kepanjangan dari kata internet sebab internet bukan suatu singkatan. Jadi, internet adalah suatu jaringan komputer global terbentuk dari jaringan – jaringan komputer lokal dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer – komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

Sistem pelayanan informasi pada jaringan Internet sebagian besar bekerja dengan konsep client – server. Mekanisme client – server adalah suatu program client mengirimkan permintaan kepada server untuk melakukan suatu tugas, misalnya pencarian informasi. Server akan melakukan tugas yang diperintahkan oleh client dan setelah selesai, hasil informasinya akan dikirimkan kepada client. Ada salah satu layanan yang cukup baru dikembangkan dan saat ini menjadi cukup populer digunakan oleh pemakai jaringan internet, yaitu WWW atau World Wide Web, atau biasa disingkat dengan web. WWW bekerja menggunakan teknologi yang disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protokol aplikasi yang disebut HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Dengan menggunakan WWW, pengaksesan beragam sumber informasi di Internet dapat dilakukan melalui suatu cara yang umum. Dengan teknologi hypertext akan menggabungkan beberapa jenis representasi dan metode pengaksesan informasi dan menyajikannya dalam beragam bentuk informasi seperti text, grafik, suara, animasi, video, dan sebagainya. Pada penggunaan WWW, penunjukan suatu sumber informasi menggunakan metoda Universal Resource Locator (URL), yang merupakan konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer, lokasi komputernya dan metoda yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database, atau hasil dari perintah finger atau perintah archie atau yang lainnya. Dengan URL ini didefinisikan lokasi dan metoda pengaksesan file tersebut.

Di dalam website ini, tentu disisipkan multimedia yang akan melengkapi website ini sendiri. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru dalam bidang teknologi informasi, dimana dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linear maupun Interaktif.

Dibandingkan informasi dalam bentuk teks (angka dan huruf) yang umum diperoleh dari komputer saat ini, informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya.

Lahirnya teknologi multimedia merupakan hasil kemajuan teknologi elektronik, komputer dan perangkat lunak, kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital telah memungkinkan multimedia terjangkau oleh masyarakat umum pemakai komputer-komputer pribadi.

  1. JADWAL KEGIATAN PROGRAM

  1. Waktu dan tempat pelaksanaan

Pelaksanaan pembuatan web ini, membutuhkan waktu selama 4 bulan. Tempat

Tempat pelaksanaannya di rumah saya sendiri dan juga Universitas Gunadarma.

  1. Tahap Pelaksanaan



No.

Keterangan

Bulan

Bulan ke 1

Bulan ke 2

Bulan ke 3

Bulan ke 4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

Persiapan




















































-Mencari Referensi



















































-Pengambilan gambar

















































2.

Perancangan Aplikasi




















































-Perancangan website dan desain




















































-Pembuatan program

















































3.

Implementasi Aplikasi




















































-Pengujian program dan merevisi

















































4.

Evaluasi




















































-Pembuatan laporan

















































G. BIAYA

No.

Rincian

Jumlah (Rp)




Barang Habis Pakai

1.

Kertas A4 1 Rim

35.000

2.

CD RW (1 Keping)

4.000

Total Barang Habis Pakai

39.000

Perangkat Penunjang




1.

Computer

6.000.000

2.

Printer

500.000

3.

CD Writer

180.000

4.

Software Penunjang (Macromedia Dreamweaver 8)

30.000

5.

Software Penunjang (Macromedia Flash 8)

30.000

Total Biaya Perangkat Penunjang

6.740000

Biaya Lain - lain

1.

Pembuatan Proposal

30.000

2.

Pembuatan Laporan

50.000

3.

Print (100 x @Rp.500)

50.000

4.

Jilid (4 x @Rp.2000)

8000



Biaya Internet

100.000

Total Biaya Lain - lain

158.000

Total Anggaran

6.937000

Share ing jaringan sosial


Tengen


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
t.kabeh-ngerti.com
.. Home